Ketertarikan Penulis Pada Desain Logo Monogram & Ambigram

 

A. Latar Belakang

Logo adalah sebuah tulisan, sketsa, atau gambar yang mempunyai makna tertentu dan bisa mewakili identitas atas suatu bentuk entitas, seperti lembaga, organisasi, perusahaan, daerah, negara, atau produk.

Biasanya, suatu logo mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya.

Suatu logo yang digunakan akan menggambarkan kualitas seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan budaya perusahaan, penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu sendiri.

Kesimpulannya, pengertian logo adalah suatu instrumen yang menggambarkan harga diri dimana seluruh nilainya bisa mewujudkan citra yang baik dan mampu dipercaya. Suatu logo akan membuat masyarakat mengingat dan mengenal suatu bentuk entitas tanpa harus membaca deskripsi maupun penjelasan tentang entitas tersebut.

B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian logo Monogram & Ambigram

2. Mengapa penulis tertarik dengan logo Monogram & Ambigram

C. Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui pengertian dari logo Monogram & Ambigram

2. Untuk mengetahui apa daya tarik dari logo Monogram & Ambigram

D. Metode Penelitian

Metode Penelitian logo Monogram menggunakan penelitian kualitatif. Proses analisis data interpretasi dan interaksi dengan pendekatan teori Weitz Moris dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi, sajian data, serta kesimpulan.

E. Pembahasan



MONOGRAM

Logo monogram atau lettermarks merupakan logo yang terdiri dari huruf yang biasanya diambil dari inisial sebuah brand. Beberapa contoh dari jenis logo yang satu ini misalnya IBM, CNN, HBO, hingga NASA. Dari contoh di atas, bisa dilihat bahwa brand–brand tersebut memiliki nama yang agak panjang sehingga memilih untuk menggunakan inisial sebagai logo. Logo monogram memang terlihat cukup sederhana, tapi sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness karena mudah diingat oleh audiens. Saat memilih membuat logo jenis ini untuk brand-mu, sebaiknya pilih font yang mudah terbaca dan unik agar mudah diingat.


AMBIGRAM



Merupakan seni typografi berupa teks yang memungkinkan untuk dibaca tak hanya satu arah, tetapi dapat pula dibaca dari arah sebaliknya atau tetap terbaca jika teks diputar 180° baik dibaca dengan lafal yang sama maupun berbeda, Seniman yang berjarya dibidang ini disebut Ambigrais. Terdapat beberapa jenis ambigram diantaranya adalah RotationalBilateralSymbiotogramsFigure-ground RelationshipsPerceptualshiftChainSpace-fillingSpinonymFractal, dan Natural. Yang paling populer dan sering ditemui merupakan jenis Ambigram Rotational.

F. Kesimpulan

Saya tertarik pada Monogram dan Ambigram karena masing-masing mempunyai keunikan nya tersendiri. Monogram saya menyukainya karena lebih terlihat simple dan elegan untuk suatu desain logo, sedangkan Ambigram itu karena keunikannya yaitu membuat logo dapat dilihat dari 2 sudut pandang namun mempunyai penglihatan yang sama akan logo tersebut.


Sekian Tulisan saya mengenai Ketertarikan pada Desain Logo Monogram dan Ambigram. Semoga bermanfaat. Keep Healthy dan Terimakasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Interdisiplin Dalam Penelitian Pendidikan Seni Rupa

Objek Kajian Semiotika (LUKISAN KARYA S. SUDJOJONO)

SEMIOTIKA : Penanda dan Petanda